Index» » » » » » » Diversifikasi Usaha Kapan Waktu Yang Tepat

Diversifikasi Usaha Kapan Waktu Yang Tepat

Minggu, 25 Mei 2014

Sampai hari ini, saya masih juga terus mengurusi usaha yang berkaitan dengan garmen. Sebenarnya muncul beberapa godaan untuk membikin usaha dilur garmen, semisal kuliner. Namun demikian, saya masih ada keraguan untuk melangkah. Hal ini disebabkan, saya belum begitu yakin benar akan fundamental saya di bisnis garmen.

Sebagai gambaran, garmen muslim yang saya tekuni, bermula dari trading dan saya langsung masuk ke segmen grosir dan bukan dari retil. Berbekal kenekatan saya memulai usaha garmen yang memang cukup menantang. Seiring dengan perkembangan, usaha saya membesar dan dibantu online saya dapat menjangkau bukan saja di wilayah kota tetapi juga ke manca Negara.

Selanjutnya, saya mengalami transformasi bisnis, dari trading ke production. Dengan transformasi ini saya berfokus pada produksi dan distribusi, sedangkan retil langsung dipegang oleh pelanggan saya.

Terus terang, saya tersentil kemarin, salah satu guru bisnis saya bilang, Anda harus melipatkan omset 3 x lipat dari omsetmu saat ini. Itu prasyarat jika kamu mau masuk production. Dengan sekala yang kamu ada, belum memenuhi fondasi yang kuat sebagai sebuah industry production.

Dengan tantangan itu, saya membenarkan, saya musti focus ke produksi sampai dapat melipatkandakan 300% dari apa yang saya kerjakan hari ini. Tentu ini tidak mudah, mengingat production itu berbeda dengan trading.

Apa yang akan saya lakukan ?
Saya akan mulai focus ke marketing dan perluasan lini produk. Saya akan focus pada garmen muslim mulai dari anak sampai dewasa, ini yang akan saya lakukan.

Melihat masukan tadi, jadi hemat saya. Saya belum waktunya melakukan diversifikasi usaha, karena scale of econominya belum memenuhi syarat. Jadi saya akan kembali focus membesarkan usaha garmen dulu.

Wassalam,


Amir Fauzi
Owner
Fatta Niaga
=======================================
www.bursajilbab.com : Grosir Jilbab Super Murah
www.bajubayimurah.com : Pusat Kulakan Baju Bayi
www.ebajumuslim.com : Grosir Baju Muslimah Murah
www.wafanakids.com : Grosir Baju Muslim Anak
www.grosirkoko.com : Grosir Baju Takwa Bandung
www.jihadiclothing.com : Kaos Distro Muslim
www.sekolahsablon.com : Spesialis Kursus Sablon Kaos
=======================================




Tidak ada komentar:

Posting Komentar